Panggil aku Jones

Wednesday, January 27, 2016

Panggil aku Jones

Cerpen Karangan : Asyriyah

Masa remaja adalah masa yang paling berkesan di kehidupan setiap orang.Banyak banget hal-hal baru yang lo dapet di masa remaja lo. Misalnya pertama kali di bully,pertama kali galau,pertama kali pacaran dan pertama-pertama lainnya.Tapi ada satu hal yang gue bingung kenapa gue sampai saat ini belum ngerasain yang namanya GALAU, gue jadi curiga apa jangan-jangan gue punya kutukan.By The Way ini kisah gue Gea Anastasya gue seorang cewek yang sekarang udah kelas 3 SMP.Teman-teman gue bilang gue itu unik,apa yang unik coba dari gue ???Gue itu suka banget sama Detektif menurut gue detektif itu cool,cerdas,dan pastinya berwibawa.Gue selalu pengen jadi detektif tapi itu semua nggak pernah kesampaian.Back to the topic….masa SMP gue itu penuh banget dengan cerita lucu,haru,dan gokil. Dan ini kisah gue.

Malam ini malam Minggu dan seperti biasanya gue cuma bisa duduk didepan TV sambil nonton sinetron alay yang endingnya udah bisa gue tebak,gue nggak bisa kemana-mana soalnya gue itu cuma remaja dengan status JOMBLO.Nah abis gue nonton gue tidur terus bangun lagi cuman itu yang gue lakuin.Nah pagi ini gue berangkat ke sekolah dengan jalan kaki biar sehat gituu.Disekolah gue ketemu sama satu ciptaan Tuhan yang gue nggak tau kenapa dia harus diciptain didunia ini namanya Dirga dia itu sahabat gue.Seperti biasanya setiap pagi dia udah buat satu sekolah budeg dengan suara dia.

“Eh Ge….gimana udah dapat pacar loe???”pertanyaan yang gue perkirain udah 1.125 kali dia tanyain ke gue dan sekarang yang ke 1.126 dan setiap dia nanya gitu cuman satu jawaban gue “BELUM”.

“Aaah payah loe” ejek si Dirga

“Udahlah masuk males gue bahas kayak gituan,lagian gue belum mau pacaran”jawab gue

“Ya elah pake acara alasan nggak mau pacaran bilang aja kagak laku neng” ledek dia

“Ngomong lagi gue tampol juga loe” gue kesel banget harus dikatain jomblo ngenes setiap hari dan gue nggak terima.

Pas istirahat gue ketemu ama cowok keren banget dan cool, baru kali ini gue ngelihat cowok kayak gitu.Dan gue udah mutusin kalau gue suka ama tuh cowok.Pas pulang sekolah jiwa detektif gue muncul dan akhirnya gue ngikutin tuh cowok sampai dirumahnya dan yang benar aja dia tinggal dua rumah dari rumah gue.Yah gue baru nyadar gue bener-bener ngenes banget tetangga gue aja nggak gue kenal.Tuh cowok benar-benar buat gue penasaran nah akhirnya di istana gue ini alias kamar gue gue stalking semua akun dia di sosmed (sosial media).Akhirnya gue follow dia dan keren banget gue langsung di follback.

Nah besoknya gue ketemu ama dia pas gue lagi pengen street ke sekolah dan demi dewa neptunus sang penguasa laut dan demi kejombloan gue, mimpi apa gue dia ngajak gue kesekolah bareng.Hahaha hari ini gue benar-benar beruntung.

“Nama lo siapa???”dia nanya nama gue men nge-fly gue

“Nama gue Gea lo siapa??”tanya gue mencoba enjoy

“Oooh gue Ajhi”jawab dia singkat tapi jelas hehehe

Dia orangnya benar-benar welcome banget coy dan gue tambah suka banget sama dia mungkin dia adalah cowok yang bakalan membuat status jomblo gue out dari kehidupan gue.Menurut gue dia itu Sherlock Holmes versi Indonesia keren,cool,ajaib banget deeh nih cowok.Saking gue terpikat banget sama dia gue nggak nyadar kalau didepan gue itu gerbang sekolah. Dan tuh gerbang berhasil buat gue malu banget. Gue malu banget asli dan



gue cuman bisa ketawa sok kayak nggak terjadi apa-apa.

Hari berganti hari dan gue tetap dengan status gue jomblo…….gue pusing banget kenapa gue belum pacaran ama Ajhi dan gue udah buat keputusan kalau gue bakalan nembak dia.Hari ini gue bakalan nembak si Ajhi di taman gue udah siap pas tiba-tiba Ajhi datang

“Hai Ge!!!”sapa dia

“Hai Jhi”balas gue dengan gugup

“Eh mau ngomong apa sampai manggil gue ke taman?”Tanya Ajhi

Gila gue keringat dingin mau nembak dia.

“Gue mau bilang kalau gue…..gu….ee….itu…..ssuu”dan benar-benar sial banget gue

“OMG sorry yah Ge gue buru-buru gue lupa kalau gue punya janji ama pacar gue..bye”ucap dia

Hancur banget hati gue ternyata dia udah punya pacar, malu banget gue untung aja gue belum sempat bilang suka ke dia.Oh My God hidup gue benar-benar tragis banget , mungkin ini karma dari Tuhan karena gue terlalu sering nonton sinetron sampai akhirnya hidup gue benar-benar drama banget.Akhirnya gue kembali lagi ke kehidupan gue sebagai seorang jomblo sampai tiba-tiba gue jatuh cinta lagi sama seorang makhluk ajaib yang berhasil buat gue jatuh cinta namanya Rian.Perlahan-lahan gue udah mulai deket sama Rian sampai tiba-tiba dia ngajak gue ke taman sekolah.

“Ge….gue udah lama banget mendam rasa ini kalau gue itu suka sama loe, loe maukan jadi pacar gue?”Tanya Rian

“Ia Ian gue mau”jawab gue

Dan sekarang status jomblo gue udah resmi bye maksimal dari hidup gue.Sekarang gue menjalani hidup gue sebagai seorang cewek yang nggak JONES lagi.

“Eh Ge , lo serius pacaran sama si Rian?”Tanya Dirga

“Iya Dirga gue serius”jawabku

“Waaah selamat yah akhirnya loe nggak jomblo lagi”ucap Dirga

“Iya doong sekarang gue traktir lo makan deh”ujarku

“Wah cakep nih yaudah….mas baksonya yah nggak pake mie”teriaknya

Tiba-tiba Rian datang menghampiriku dan Dirga.

“Hy sayang”sapanya

“Hy, eh sayang kamu nggak makan?”tanyaku

“Aku mau makan sama kamu makanya aku kesini”ucapnya

“Cieee sekarang pake aku-kamu,sayang-sayangngan lagi”ledek Dirga

“Ngiri aja deh lo”ucapku sambil memukl lengan Dirga

“Buset dah woles aja kali”ucap Dirga

“Yang kita pergi aja yuk…mas ini yah bayarannya si gendut”ucapku lalu pergi

“Waduh kurang ajar lu”ucap Dirga

Gue dan Rian pergi ke taman sekolah di bawah pohon kami makan siang bersama.Gue dan Rian sangat harmonis, gue berharapbisa terus seperti ini.Hari demi hari hubungan gue dengan Rian tetap baik namun setelah beberapa bulan gue merasa ada yang nggak beres.Rian udah jarang nelfon gue dan disekolah dia juga nggak pernah lagi datang ke kelas gue.Pulang sekolah gue dan Dirga makan bakso bareng di tempat langganan kita.

“Eh Dir.. gue rasa ada yang beda deh sama Rian,dia beda”ucapku

“Hmmm baru nyadar lu bukan cuma Rian yang beda tapi lo juga”ucapnya

“Maksud lo?”tanyaku tidak tau

“Semenjak lo pacaran sama Rian nilai lo semuanya menurun terus lo juga jarang punya waktu buat gue ama teman-teman yang lain”jelasnya

“Iya juga yah..maafin gue Dir,maklum lah gue kan baru pertama kali pacaran”pintaku pada Dirga

“Ya elah nggak usah gitu mukanya, melas aja lo”sindir Dirga

“Hehehe maafin ya”ucapku

“Iya gue maafin…sekarang gue bisa makan kan”ucapnya

“Ok silahkan”jawabku

Di rumah gue cuma merenung apa gue beneran berubah, gue ngelihat cermin dan membayangkan diri gue yang dulu.Gue memang banyak berubah nilai gue mulai menurun disekolah,gue juga jarang berkomunikasi dengan teman-temanku gue bahkan keluarga karena gue terlalu sering teleponan dan sms-san sama Rian, tapi sekarang dia ngilang.

“Duuuh si Rian dimana sih kok sms gue nggak pernah dibalas yah?”tanyaku dalam hati

Besok gue akan melaksanakan UN selama empat hari dan gue harus bisa focus tapi gue selalu mikirin Rian.Besoknya UN dimulai gue berusaha untuk menjawab soal dengan baik dan benar. Setelah UN berakhir gue mutusin buat jalan-jalan ke taman barang si Dirga.

“Eh Ge lihat deh, itu bukannya si Rian yah?”sambil menunjuk kearah seorang cowok

“Mana?”tanyaku balik

“Itu yang duduk disana, tapi dia kok sama cewek lain mesra banget lagi”ucap Dirga

Gue mendekati Rian dan gila apa yang gue lihat, Rian meluk cewek itu.Hati gue sakit banget dan gue langsung ngelabrak dia.

“Heee Rian kurang ajar loberani-beraninya lo selingkuhin sahabat gue”bentak Dirga

“Gea ini nggak seperti yang lo lihat kok Ge”ucapnya mencoba membela diri

“Brengsek lo jadi selama ini lo selingkuhin gue sama ni cewek”bentakku

“Udah Ge hajar” teriak Dirga

Gue langsung nampar Rian dan gue langsung dorong dia sampai jatuh.Setelah itu gue beralih ke cewek selingkuhannya.

“Eh lo jadi cewek mikir dong asal ngambil pacar orang aja lo”bentak Dirga

“He bukan gue kali yang ngambil dia, dia aja yang deketin gue”ucapnya

“Alah ngeles aja lo kayak bajaj dia gitu karena lo yang kecentilan”sindir Dirga

“Kurang ajar lo”ucap cewek itu marah

Cewek itu mencoba untuk nampar Dirga tapi langsung gue tepis dan gue balik nampar tuh cewek.

“Jangan pernah loh berani nyakitin temen gue, dan silahkan lo ambil Rian”ucapku lalu berlalu pergi

Dirumah gue cuma bisa nangis dikamar gue ditemani sama Dirga.

“Udahlah Ge cowok kayak gitu nggak usah dipikirin”nasehat Dirga

“Iya Dir gue juga udah berusaha buat lupain dia”jawabku

“Ok sekarang kita lupain si Rian brengsek itu, sekarang kita latihan buat drama musical besok.Ingat lo itu pemeran utama terus besok kan perpisahan jadi banyak orang”jelas Dirga

“Iya bawel hehehe”sindirku

Gue akhirnya kembali tertawa lepas karena sahabatku Dirga dan sekarang gue benar-benar akan berusaha yang sebaik-baiknya.Hari perpisahan pun tiba gue dan teman-teman gue udah siap-siap dibelakang panggung hari ini gue akan membawakan drama musical bareng sahabat gue.Dan akhirnya drama dimulai dan saat endingnya kami semua menyanyi lagu perpisahan.Akhirnya acara perpisahan sekolah selesai.Setelah perpisahan tiba-tiba gue dipanggil ke ruang kepala sekolah.

“Permisi”ucapku sambil masuk ke ruang kepala sekolah

“Yah Gea silahkan masuk”ucap pak Kepala Sekolah

“Ada apa yah pak?”tanyaku

“Begini Gea perkenalkan ini Mr.Johan”ucap Kepsek

“Gea Anastasya”ucapku sambil menyodorkan tangan

“Mr.Jonathan panggil saja Mr.Jo”pintannya

Ternyata Mr.Jonathan bisa berbahasa Indonesia padahal dari mukannya di itu seperti bule.

“Gea Mr. Johan ini adalah produser dari inggris yang sedang mencari bakat dan dia ingin kamu jadi artis yang diproduserinya”jelas pak Kepsek

“Serius pak?”tanyaku tidak percaya

“Ya saya serius, saya lihat kamu punya bakat yang hebat”jelasnya

“Saya mau pak…mau, tapi saya harus izin keluarga saya dulu pak”jelasku

“Baik kalau begitu besok kamu dan keluargamu datang kemari untuk tanda tangan kontrak jika kalian sudah setuju”jelas pak Kepsek

“Iya pak kalau begitu saya permisi dulu”ucapku lalu keluar dari ruang Kepsek

Di luar Dirga sudah menunggu dengan muka uring-uringan kagak jelas.

“Eh Ge lo diapain didalem?”Tanya Dirga kepo

“Iiih kepo lo yah?”tanyaku balik

“Udah deeh gue serius nih?”tanyanya

“Gue seneng banget gue ditawarin buat ngelakuin debut pertama gue sebagai seorang artis sama produser dari Inggris”ucapku sumringah

“Serius lo Ge?”Tanya Dirga tidak percaya

“Ya iyalah…ya udah sekarang gue mau pulang, gue mau minta izin sama keluarga gue”ucapku lalu pergi

Di rumah tanpa basa-basi gue langsung ngomong ama keluarga gue tentang tawaran dari Mr.Johan.Awalnya mereka tidak percaya namun akhirnya mereka percaya juga.Dan besok gue sama keluarga gue bakalan nemuin Mr.Johan buat tanda tangan kontrak.Besoknya kita semua udah ngumpul dalam ruang kepsek.

“Jadi apa bapak dan ibu sudah setuju dengan tawaran saya?”Tanya Mr.Johan pada ayah dan ibu

“Kami sih setuju saja, tapi bahasa Inggris Gea kurang bagus kami takut dia tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan disana”jawab ayah

“Kalau soal itu bapak dan ibu tidak perlu khawatir selama dua bulan kami akan focus untuk mempermantap bahasa inggrisnya lalu kami juga akan melatih Gea untuk dance dengan pelatih professional”jelas Mr.Johan

“Kalau begitu kami setuju,sekarang semua tergantung Gea” ucap ibu

“Bagaimana Gea?”Tanya Mr.Jo

“Saya setuju Mr.Jo”jawabku

Setelah itu gue tanda tangan kontrak.Memang berat banget karena gue harus ninggalin Indonesia selama 2 tahun. Tapi mungkin ini yang terbaik, terkadang kita harus rela berpisah dengan orang yang kita cintai untuk mendapat sesuatu yang kita impikan.



# 2 TAHUN KEMUDIAN

Akhirnya gue kembali ke Indonesia tapi dengan sesuatu yang baru. Yah sekarang gue adalah seorang superstar, Gea yang dulu sekarang menjadi seorang artis papan atas dunia.Di lobby gue menghampiri seseorang yang udah beda banget sekarang.

“Hy Dirga, gila gue kangen banget sama lo”ucapku lalu memeluk sahabatku

“Ia gue juga Ge, eh sekarang lo udah jadi tante lo”ucapnya

“Serius loh…lo udah punya baby?”tanyaku tidak percaya

“Ia ge gue udah punya Dirga Junior sekarang”jawabnya senang

“Waah selamat yah bro gue turut senang, tapi sekarang lo harus nganterin gue pulang kerumah gue”ucapku lalu masuk kedalam mobil.

Di perjalanan pulang gue merasa banyak banget yang berubah dari Indonesia, tapi gue nggak peduli gue tetap cinta ama negara gue yang tercinta ini.Pas gue lewat di fly over gue ngelihat Rian.Tapi dia berbeda, dia sekarang sudah jadi gembel..gue nyuruh Dirga buat berhenti.

“Rian??”ucapku pada Rian yang sedang duduk d

“Gea??”jawabnya kaget

“Lo sekarang jadi gembel?”tanyaku tidak percaya

“Ia Ge…gue juga mau minta maaf gue udah pernah nyakitin hati lo dulu”ucapnya memelas

“Udahlah lupain aja semua, bagi gue itu semua cuma masa lalu”balasku

Gue kasihan banget sama dia, sekarang dia udah jadi gembel tapi dimana selingkuhan dia dulu.Gue nggak ngelihat batang hidungnya disini.

“Eh Ian sorry yah, gue mau nanya selingkuhan lo dulu mana?”tanyaku

“Dia pergi ninggalin gue pas dia tau keluarga gue bangkrut”jawabnya

“Sabar ya”ucapku

“Ia Ge makasih, mungkin ini juga karma buat gue”ucap Rian sedih

“Udahlah nggak usah dipikirin, ini gue ada sedikit rejeki buat lo”ucapku sambil memberi sedikit uang

“Nggak usah Ge gue nggak pantes nerima bantuan lo”jawabnya

“Terima aja gue ikhlas kok”ucapku sambil menyimpan uang itu ditangannya

“Ya udah makasih ya Ge”ucapnya

“Ia, ya udah gue duluan yah gue buru-buru…bye”ucapku

Gue akhirnya ngelanjutin perjalanan gue, dan dari pengalaman Rian gue dapat pelajaran bereharga “Cinta itu bukanlah bagaimana kita mencintai pasangan ita, tapi bagaimana kita menerimanya dengantulus dan mencoba memahami setiap kekurangannya bukan kelebihannya”.Sampai dirumah ternyata rumah gue udah penuuh sama wartawan ama fans gue.Dan setelah gue kangen-kangenan sama keluarga gue,gue langsung adain meet and greet sekaligus pers conference di halaman rumah gue.

“Mba Gea gimana sih perasaannya mba Gea punya banyak fans?”Tanya wartawan

“Ya pasti seneng banget yah mba saya juga nggak ngira kalau respon nya sebesar ini”jawabku

“Mba Gea! Tiket konser drama musical mba yang akan diadakan dalam waktu dekat ini habis terjual hanya dalam waktu 2 menit bagaimana pendapat mba?”Tanya wartawan

“Saya berterima kasih sama semua yang sudah merespon dengan baik… saya cuma bisa berusaha agar bisa memberikan penampilan terbaik untuk semuanya.. terima kasih”jelasku



Setelah pers conference aku berjalan-jalan di taman untuk mencari udara segar.Tiba-tiba dari belakang terdengar suara laki-laki yang mengagetkanku.

“Sayang….kamu dari tadi aku cariin tenyata disini”ucap lelaki itu

“Ia sayang..aku cuma cari udara segar”jawabku

“Ya udah kita balik yuk”ajaknya

“Yuk”jawabku lalu menggenggam tangannya dan berjalan bersama

Dia adalah David tunangan gue, dia adalah seorang bloggers. Dia adalah orang yang membuat gue melupakan sakit hati dan juga mengakhiri status jomblo gue yang selama ini melekat ama gue.Mungkin uangnya tidak sebanyak pengusaha tapi cinta dia buat gue, gue yakin kalau cinta dia buat gue nggak buat gue jadi NGENES.Karena cinta bukan gimana kita menemukan orang yang sempurna buat kita,tapi cinta itu gimana kita bisa menemukan orang yang selalu bisa membuat kita senyum bahagia danmenyeka air mata kita saat menangis.