Nasib seorang jomblo

Wednesday, February 17, 2016

Nasib seorang jomblo

Cerpen Karangan: Octa Rina


2 bulan jomblo itu rasanya parah-parah ya, kalau malem gak ada yang ngucapin “selamat malam sayang, mimpi indah ya, i love you..” terus kalau pagi juga gak ada yang ngucapin “selamat pagi, wanita tercantik ku, semangat ya untuk hari ini..” aduh ngenes banget ya nasib seorang jomblo. Dan ada yang lebih ngenes gini nih, pagi-pagi bangun tidur terus cek twitter eh lihat orang lagi pacaran di TL, tapi.. tapi pas dilihat lagi ternyata itu si mantan sama pacar barunya, astaga nangis guling-guling deh.. bayangin aja siapa sih yang gak nyesek lihat mantan yang paling disayang lagi mensyenan sama pacar barunya di twitter, beh rasanya tuh pengen langsung nge-unfoll terus banting hape. Tapi, tapi ralat deh jangan banting hape tapi banting bantal aja, Sayang hapenya kalau dibanting, nanti gak ada temen curhat lagi. Huu.

Gini nih jadi korban belum bisa MOVE-ON gampang nyesek, sama gampang nyusruk, lihat aja pagi ini gue lagi jalan menuju sekolah tercinta sendirian, eh tiba-tiba di jalan ketemu mantan lagi berangkat sekolah bareng sama pacar barunya, nahlo.. nyesek bro, saking nyeseknya gue sampe gak ngelihatin jalan, alhasil gue nyusruk ke lubang di pinggir jalan gara-gara kesandung batu, sial banget kan! Udah nyesek, kaki gue sakit, baju kotor, yah salah udah.. dan untung aja si mantan gak ngelihat gue nyusruk, kalau sampe lihat malunya nauzubillah deh. Tobat tobat. Hari ini tuh gila yah pagi ini aja gue udah dibuat nyesek 2x sama si mantan, pertama “lihat dia pacaran di twitter”. Kedua “lihat dia berangkat sekolah bareng pacarnya di jalan”. Parah, turut prihatin deh sama nasib gue yang kaya begini. hiks

Pas nyampe sekolah muka gue ditekuk, udah kaya orang yang terbebani sama utang. terus baju gue kotor dan dekil banget gara-gara nyusruk tadi, risih banget deh, rasanya mau ganti baju tapi malah gak bawa baju ganti, mau pulang buat ganti baju tapi takut telat, dan dikunciin di gerbang, ampun deh, hidup kok begini amat ya? Daripada mengambil resiko berbahaya ya udah deh terpaksa pasrah. Setelah sampai di kelas gue langsung duduk di kursi, bengong, melongo sambil nunjukin tampang orang frustasi gitu. Beberapa menit kemudian temen gue si sarah yang juga “jonges” alias jomblo ngenes ngagetin gue gitu, gak ngefek sih emang, gue bukannya kaget malah ngelihatin dia gitu pake tatapan aneh. (kata dia sih gitu). “eh neng, bengong aje lo ah, kenapa si? Galau lo ye?” kata sarah dengan logat betawi-nya. “ho’oh” gue masih tetap diam. “ebuset dah cuma dijawab ho’oh. Elu ngapa si na? Baju lo ngapa kotor begini na? Lo abis nyebur dimane?” tanyanya penasaran. “tau tidak kau inih berisik sangat tak tau kah ambo nih pusiang.” Gue jawab aja pake logat campuran, abis cerewet banget nih si betawi. “onde-onde, pusing kenapa si lo na?” “onde-mande kali boo, onde-onde mah makanan.” “nah, maksudnya ntu, aduh jadi laper gue na.” Seketika itu gue tertawa. “lah ngapa jadi ketawa lo na, lu gila na? Udah stadium berapa na?” dia terlihat heran. “haha gila lo yee sar kalau ngelawak, bikin galau gue ilang ditiup angin puting beliung. Hahaha…” “lah kapan gue ngelawak na? Gue kan bukan sule na?” “au ah gelap..” “ngemeng-ngemeng kaya komeng, baju lo kenapa kotor, dekil, bau, begini? Abis nyebur di empang mane lo na?” “empang jidat lo, jadi gini sar, pas gue lagi jalan menuju sekolah tercinta kita ini, gue ngelihat si “dika” (nama mantan tersayang gue, hiks) lagi boncengin cewek barunya sar, parah banget kan sar, mantan tersayang gue itu sar, bayangin sar, bayangin lagi ngeboncengin cewek lain sar.” Belum selesai ngomong sarah malah menyela pembicaraan “bentar-bentar gue bayangin dulu na..” “sarahhh, dengerin dulu elah.” Kata gue sedikit emosi, “lah tadi katanya gue suruh ngebayangin, gimane si lu na, ya udah ya udah teruskanlah… kau.. begituuu…” sarah kayanya gila deh. “terus, pas dia lewat tuh, gue bengong dan akhirnya gue kesandung batu, terus nyusruk deh di lubang yang ada di pinggir jalan. Hikss..” kata gue miris.. “oalah, jadi itu toh sebabnye baju lo dekil kaya orang gila gini, ya udahlah cepcepcep jangan dipikirin, buang aja ke tong sampah, ntar biar dipungut kucing.” Katanya ngelantur. “apanya yang mau dibuang saraahhh? Baju gue? ntar gue gak pake baju dong? kalau ntar gue difoto, terus foto gue dikirim ke majalah playboy di amerika sana, bagaimana nasib gue sar, bagaimana nasib orang tua gue sar. Astaga..” gue bawel ya? “lah bagus na, lo kan bisa jadi model, dan ngalahin nikita mirzani yang ngebet banget jadi model di majalah playboy ntuh..” “ebuset, tau aja lo sar, ketauan deh lo suka nonton bukan empat mata.” Aduh, ngapa gue jadi ngelantur juga ya? “yah tauan deh, eh udah mau upacara nih, ayo ah ke lapangan.” Ajak sarah. “upacara? ini hari senin ya?” gue sedikit terkejut. “lah emang hari senin. Kemarin kan minggu, masa ia abis minggu selasa. Emang kenapa si sama hari senin” tanyanya. “ya gakpapa sih, yuk ah anterin gue ke toilet dulu, bersihin nih baju.” Kataku tenang. “ye semprul, udah ekpresinya kaget begitu, kirain ada apaan, taunya? Ngelawak bae lu ah.” Katanya geleng-geleng telinga.. #loh. “onde-onde, ambo teh bukan sule sar, ora iso lah ambo nih ngelawak..” gue tertawa.. “onde-onde mulu lu yee, lo laper na? Sama gue juga haha.” Kami berdua tertawa. Sarah itu luar biasa ya, bisa aja bikin candaan lucunya. Tapi serius deh kalau lo lihat tampang aslinya lo bakal kaget, gimana enggak dia itu mukanya sinis, terus tampang-tampang orang sombong gitu deh, pas awal ngelihat dia sih gue males banget punya temen kaya dia, soalnya mukanya tampang-tampang orang belagu, eh tapi pada kenyataannya pas gue udah mulai deket sama dia ternyata dia anaknya asik banget, bercanda terus sampe bikin mules, dia juga gak jutek, gak sinis, gak sombong sama gak belagu deh. Gue sih heran banget sama dia, muka sama perilaku bisa berbanding terbalik gitu, nah bingung kan lo? Sama, gue juga bingung, kalau kata gue sih mungkin karena dia frustasi jadi jonges terus, makanya muka sama prilaku bisa berbanding terbalik gitu, Wahaha teman yang jahat ya gue, silahkan ditiru, eh jangan deh ntar dimarahin papah sama mamahnya loh. Ciecie.. oke itu gak jelas.

Tahun baru 2013. Doa gue simple kok, gak ribet, serius deh. Doa yang pertama: “gue gak mau jadi jonges lagi.” Doa yang kedua: “gue mau punya pacar yang ganteng, bisa diajak curhat, dan pokoknya perfect deh” #ebuset. Nah doa yang ketiga: “semoga aja tuhan mengabulkan doa gue yang ke-1 sama yang ke-2” amin. Nah bener kan doa gue gak ribet… haha oh iya gue mau ceritain acara malam tahun baruan gue yang kelewat parah gitu deh, gimana enggak parah coba gue berangkat menuju lokasi sambil hujan-hujanan karena naik motor waktu itu, udah gitu lokasinya jauh banget di kerawang, secara kan gue tinggal di bekasi deket perbatasan cakung jakarta timur (oke gak ada yang nanya, tapi ini just info), nah berangkat dari rumah jam 12 siang tuh, udah panas-panasan, eh pas nyampe cikarang kehujanan, baju basah, alhasil kedinginan, menderita banget ya hiks. Gue nyampe lokasi jam 5 sore, dan masih hujan gue neduh sambil nungguin anak-anak yang ternyata belum pada nyampe di lokasi, sial! Ngeselin banget kan gue dikerjain, tadi nyuruh gue buru-buru eh taunya gue duluan yang nyampe lokasi. Disitu gue udah kesel banget tuh, mungkin karena faktor kedinginan + laper. Akhirnya daripada ntar gue makan orang lebih baik gue mesen mie ayam disana, dingin-dingin makan mie ayam beh anget coy. Haha laper seketika itu hilang, dan sejam kemudian anak-anak baru pada nyampe dengan alasan “tadi neduh dulu di jalan” au ah gelap. Nah disana kita cari penginapan tuh tapi ternyata kita telat oh my god, penginapannya penuh coy, nah lo gimana tuh, masa iya kita tidur di jalanan hujan-hujanan? Gila aja. Tapi untung aja ada seorang pemilik rumah makan yang berbaik hati mengijinkan kita nginap disana, alhamdulilah. Karena kebetulan kita nginep di rumah makan, sekalian aja kita mesen makanan seafood disana buat makan malam. Lo mau tau gak rasa makanan disana gimana? Rasanya hambar coy, udah gitu amisnya masih kecium banget. tapi gue gak boleh munafik, karena faktor laper habis juga si itu makanan. Ada yang lebih sial lagi nih, baju-baju gue pada basah, nah gimana tuh ntar gue tidur? Masa iya pake baju basah. Masuk angin yang ada entar. Karena temen gue berbaik hati, dipinjemkan juga gue baju, tapi percuma aja, gue tetep gak bisa tidur gara-gara banyak nyamuk + kedinginan! Nah jadi intinya acara malam tahun baru gue itu gak ada yang berkesan sama sekali, yang ada bikin mules tiap kali inget-inget tahun baru. Gue iri deh sama temen-temen gue yang ngerayain tahun baru sama pacarnya. Tapi ada juga sih yang bikin bahagia, tahun baru teman sehati gue sarah “jonges” Cuma berdiam diri di rumah nemenin sang nyokap tercinta bakar ayam. Haha anak yang baik ya, contoh tuh contoh temen gue sarah, lebih milih bakar-bakar bareng nyokap ketimbang bareng pacar, ya jelas lah orang dia gak punya pacar gimana mau bakar-bakar bareng pacar haha. Gue masih inget banget nih balesan sms dari sarah pas gue tanya dia tahun baru kemana. Katanya gini nih “gue tahun baru disuruh nemenin nyokap gue bakar ayam na, gila kan na, anak-anak muda mah kalau tahun baru kelayapan ya pulang pagi, lah ini, gue malah gak boleh keluar na, gue disuruh berdiam diri di rumah, jagain rumah supaya gak kabur ikut acara malem tahun baruan dimonas, kata nyokap gue sih rumah gue ini ngefans berat sama jokowi na” astaga sarah jadi frustasi gitu gak boleh main, tapi kasihan juga ya dia, mesti nurutin perintah nyokap tercintanya. Hiks.

Sekarang sudah mau akhir januari coy, dan gue masih menjadi jonges. Hiks.. tuhan dengerin doa gue gak sih? Masa iya 3 bulan jadi jonges, gak lucu banget kan. Hidup tanpa pacar tuh membosankan banget yah, gak ada yang perhatiin, gak ada yang manjain, dan gak ada yang marah gara-gara gue bikin cemburu! Hiks.. nasib jonges selalu ngenes ya. Parah parah.. tanggal 29 januari 2013 ada cowok nge-greet gue di bbm, namanya evan, pas gue lihat dp-nya, gue senyum-senyum sendiri astaga evan ganteng sekali, kayanya dia anak futsal deh soalnya fotonya itu lagi dilapangan futsal, haha. Lama-kelamaan gue sama evan makin deket, dia anaknya asik banget, gak banyak basi-basi, udah gitu dia perhatian. Cewek mana sih yang gak naksir diperhatiin cowok ganteng, besoknya paginya dia gak nge-greet gue lagi, kecewa sih, gue mau nge-greet dia duluan, tapi malu, ya udah deh terpaksa gue diemin aja, nah pas siangnya dia nge-greet gue “sombong.” gue bales aja. “sombong knp van?” akhirnya kita bbm-an dah tuh sampe jam 1 malem, eh jam segitu masih malem apa udah pagi sih?. gue rasa gue udah beneran suka nih sama evan, semoga aja evan gak PHP-in gue ya, amin amin..

Besoknya pas tanggal 31-01-2013 evan nembak gue coy, dan gue terima, ya ampun betapa senengnya gue, akhirnya gue terbebas dari julukan “jonges” yang mematikan itu, haha.. Besoknya evan nganterin gue sekolah, akhirnya bisa ngerasain juga sekolah dianterin pacar, gak mungkin kan gue nyusruk lagi kaya kemarin, kan udah ada pacar, jadi kalau ketemu mantan lewat sama ceweknya dan ngelihat gue sama cowok baru gue, gantian dia yang bakal nyusruk. Ya ampun jahat banget ya gue.

Sesampainya di sekolah muka gue berseri-seri coy, udah gak ditekuk lagi serasa orang yang udah terbebas dari hutangnya, pas nyampe kelas pun gue langsung duduk dan senyum-senyum sendiri, si sarah nyamperin gue dan lagi-lagi dia ngagetin gue dan gak ngefek sama sekali. Gue ngelihatin dia sambil senyum-senyum sendiri, dia aja sampe heran. “elo ngapa na? Kesambet kuntilemak?” “sttt ah, jangan berisik sar, gue lagi berbunga-bunga nih.” “berbunge-bunge? Ada ape sih, cerita dong, pliss..” sarah masang muka imut, padahal mah kalau dilihat amit-amit haha, “gue udah bukan jonges sar, gue udah terbebas dari julukan jonges, horee, yes, dan sekarang dengan cara yang tidak hormat, gue serahkan julukan jonges gue buat lo, ini terima.” Wkwkwk “ebuset berati gue sekarang DOUBLE jonges dong? Wah parah lo na, jahat lo yee, biarin gue jadi jonges sendiri, jadian sama siapa lo? Sama makhluk mane?” daripada sarah penasaran mending gue kasih aja foto evan, dan jenjeng ekpresinya gokil banget. “ya tuhan, lu nemu cowok ganteng itu dimana? Di kuburan? Cariin buat gue juga dong na.” Ahahaha bener kan evan itu ganteng.. “namanya evan, gue nemu dia di bbm, tadi gue dianterin sama dia ke sekolah, alhasil gue gak nyusruk lagi dan gue masih terlihat cantik, kiwkiw.. haha”. “aduh na, envy na gue sama lo na, hiks, sekarang gue jonges sendirian deh na, yah na jahat amat lu na..” “sarah sayang nanti juga ada waktunya kok lo gak jadi jonges lagi, lo cuma perlu sabar dan berdoa, oke, semangat!” udah kaya orang bijak aja ya gue. yawn..

Evan itu ganteng, berbehel, cowok hitam manis, pinter, anak futsal, bisa jadi tempat curhat dan sharing pendapat, perfect deh, gila bahagia banget kan gue punya pacar kaya dia, dibikin berbunga-bunga tiap hari. Seminggu gue pacaran sama evan, rasanya? Berbunga-bunga terus coy, tiap malem jalan bareng, bercanda di jalanan, pokoknya kebahagiannya tuh gak bisa dilukiskan, parah-parah deh rasanya. Gue suka nemenin dia futsal, awalnya sih males ya nemenin cowok futsal, habisnya disana pasti bakal bete banget gak ada temen ngobrol, tapi demi evan apa sih yang engga. Nah pas memasuki hari ke delapan masalah mulai muncul satu-persatu, nah mulai terlihat deh sifat asli evan, egoisnya gede banget coy, gila aja ya tiap ada masalah kecil dibesar-besarin sama dia, udah gitu dia tuh selalu mojokin gue, seakan-akan gue yang salah, oke fine gue ngalah, gue minta maaf sama dia, tapi gue gak bisa tiap kali ada masalah mesti gue yang ngalah dan minta maaf, gue juga cape lah! Memasuki hari ke-9 evan makin parah, makin nambah-nambah egoisnya, dia bilang ke gue, dia udah cape gue bikin kecewa terus, nah disitu gue sempet mikir, selama 9 hari ini siapa sih yang paling egois? gue yang selalu ngalah, gue selalu nurutin apa kata dia, tapi dia masih bilang gue egois? Dimana keegoisan gue woy? Gue bela-belain nemenin lo main sampe jam 12 malem dan gue rela dimarahin sama ortu gue gara-gara pulang malem cuma demi lo van, tapi lo gak ada pengertiannya sama sekali, gue gak nemenin lo futsal lo marah, padahal gue udah bilang gue gak boleh pulang malem lagi, kalau lu sayang mah pasti lo ngertiin bukannya malah marah-marah. Gue udah bener-bener bingung, nahan nyeseknya diginiin sama lo tuh sakit banget van. Hari ke-10 tepat malam minggu, evan ngajak gue main, oke gue turutin, gue main sama dia di rumah temennya, gue bilang ke dia jam 10 gue udah harus pulang, dan reaksi seperti biasa dia cemberut, dan diemin gue, astaga marah lagi coy? Bisa gila beneran dah ini mah gue. malam minggu kali ini ngebetein coy, rasanya didiemin pacar itu gimana sih, nyeseknya gak ketulungan, tepat jam 10 gue minta pulang, dia tampak kecewa sih, ya habis daripada gue bete dicuekin mending gue pulang, yekan! terus evan nganterin gue pulang deh, eh pas nyampe rumah dia bbm gue begini. “gue udah bilang jangan bikin gue kecewa, kalau kaya gini mending kita selesai aja deh.” Pas gue baca bbmnya, rasanya tuh nyesek banget, parah-parah nyeseknya, malam minggu diputusin udah kaya lagunya terry, sakit banget hati gue, tapi ya udah lah gue juga udah cape ngadepin sikap egois dia, akhirnya dengan lapang dada gue iklas putus sama dia, dan tanpa ngeluarin air mata loh. Horeee… dan gue mesti ralat sesuatu nih, ternyata evan gak sempurna dia hanya mendekati sempurna, coba aja kalau dia gak egois, baru tuh bisa dibilang sempurna. dan sekarang gue kembali jomblo, tapi.. tapi jangan jomblo deh, kalau kata anak jaman sekarang mah jomblo itu nasib, single itu prinsip, dan gue lebih milih single dari pada jomblo hehe. Tapi gak bisa dipungkiri sih habis putus tuh nyesek banget, dan daripada gue galau mending sms sarah aja deh. “sar, gue putus” send. Sarah bales “loh, cepet amat, kenapa?”. “dia egois sar, gak kuat” send. “haha jadi jonges lagi nih yee, cie cie demi gue lo bela-belain putus sama evan, haha terimakasih ya kawan sehati.” “apaan si sar, pengen banget ditemenin jadi jonges, wkwk engga sih sekarang gue bukan jomblo ngenes tapi gue single :p” send. “yah masa single, jonges aja sih na.” Sarah bales, bikin senyum sih mau bales tapi keburu ngantuk yaudah deh tinggal tidur aja, wkwkwk..

Keeesokan harinya nge-cek bbm, terus lihat evan ganti status bbm dengan nama cewek barunya, ini baru putus loh, masa iya udah jadian sama cewek lain sih? Gila nyesek banget, malah pas itu gue lagi di jalan pulang sekolah, gue gak merhatiin jalan, gara-gara lagi sibuk sama hape alhasil gue nyusruk lagi, ke lubang yang sama dan di jalan yang sama, kena sial lagi kan gue, ya ampun kenapa sih “nyesek bikin nyusruk?”.

- TAMAT -